cara mengobati keseleo atau terkilir

Sabtu, 17 Januari 2009

gambar keseleo terkilir ankle


kita pasti pernah mengalami,cedera kaki atau keseleo,apalagi jika kamu adalah anak skateboard,pasti yang sering dialami adalah keseleo dibagian ankle.keseleo adalah hal wajib yang harus dialami oleh pemain skateboard yang baru belajar,amatir atau yang pro.saya akan membahas mengenai seluk beluk dari keseleo,dan cara menyembuhkan nya,yang saya kutip dari artikel lampung post dan everythingaboutortho.wordpress.com.

SESEORANG dikatakan keseleo ataupun terkilir bila ligamen (berkas liat seperti karet yang melekat pada tulang-tulang dan mengikat persendian pada tempatnya) pada lutut, pergelangan kaki atau siku, terlalu diregangkan secara mendadak.Sehingga, ada serat-serat yang putus ataupun robek. Keseleo sering terjadi pada otot atau urat sendi yang meregang secara mendadak ataupun keadaan duduk yang tidak berubah terus-menerus hingga menyebabkan otot menjadi kaku. Jika kita menggerakkannya tidak hati-hati, akan keseleo. Jika kita mengalami keseleo, akan sangat mengganggu aktivitas kerja sehari-hari.

Keseleo dapat terjadi pada semua umur. Tetapi, keseleo lebih sering terjadi pada anak-anak. Sebab, anak-anak sering tidak memikirkan bahaya yang akan menimpa mereka saat bermain yang terlalu berbahaya.

Menurut pakar pengobatan herbal Prof. Hembing Wijayakusuma, jika tubuh mengalami keseleo, haruslah dirawat dengan baik agar tidak terjadi pembengkakan yang berkepanjangan.

Yaitu, untuk pertolongan pertama,


  1. taruhlah kompres hangat pada sendi yang keseleo, agar dapat mengurangi rasa sakit.
  2. Bila keseleo agak berat, taruhlah perban elastis pada sendi yang keseleo, kurang lebih 3 minggu.
  3. Jika keseleonya agak parah, haruslah diistirahatkan kurang lebih 1 bulan. Sebab, jika tidak diistirahatkan, persendian yang sakit akan semakin parah.

Berikut beberapa resep tumbuhan obat yang dapat digunakan membantu mengatasi persendian yang keseleo atau terkilir.

  1. Resep pertama (pemakaian luar). Kucai dan jahe, masing-masing secukupnya dicuci dan ditumbuk hingga halus, lalu dicampur tepung terigu yang disangrai. Setelah itu, tambahkan arak putih secukupnya, diaduk-aduk, kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit. Lakukan secara teratur.
  2. Resep kedua. Kencur, jahe, dan lengkuas masing-masing secukupnya dicuci dan diparut. Tambahkan beras yang telah ditumbuk dan asam jawa yang telah dihaluskan, campur minyak serai, diaduk lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang keseleo. Lakukan secara teratur.
  3. Resep ketiga (pemakaian luar dan dalam). Daun gandarusa dan temu putih dicuci dan dihaluskan, lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk pemakaian dalamnya, dapat digunakan 15 gram daun gandarusa kering atau 30 gram yang segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum. Lakukan secara teratur.
  4. Resep keempat (pemakaian dalam). Sebanyak 15--30 gram daun dewa segar, 25 gram temu hitam, dan 25 gram temulawak, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian, air rebusannya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.
  5. Resep kelima (pemakaian dalam). Ambil 10 gr umbi daun dewa kering ditambah 2--3 kuntum bunga mawar, kemudian direbus 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Disaring dan airnya diminum. Lakukan secara teratur.
Sebagai catatan, wanita hamil dilarang minum rebusan tumbuhan obat di atas. Pilih salah satu resep pemakaian dalam dan pemakaian luar, lakukan secara teratur. Dan, untuk perebusan, gunakan periuk tanah atau panci enamel. DBS/S-3

Atau bisa dengan :

  1. istirahat. Segera berhenti melakukan segala aktivitas, pepatah “no pain no gain” yang dianut beberapa olahragawan tidak dapat dibenarkan dalam kasus ini. Aktivitas yang berlebih pada bagian tubuh yg terkena akan memicu terjadinya komplikasi lebih lanjut, misal ligamen yang robek akan semakin parah, bahkan seringkali terkilir disertai pula dengan fraktur/patah/retak pada tulang.
  2. Ingat, es bukan kompres hangat!!! saat cedera baru berlangsung, akan terjadi robekan pembuluh darah yang berakibat keluarnya “isi” pembuluh darah tersebut ke jaringan sekitar nya sehingga bengkak, pembuluh darah sekitar tempat cedera juga akan melebar (dilatasi) sebagai respon peradangan. Pemberian kompres dingin/es akan “menyempitkan” pembuluh darah yg melebar sehingga mengurangi bengkak. Kompres dingin bisa dilakukan 1-2 kali sehari, jangan lebih dari 20 menit karena justru kan mengganggu sirkulasi darah.Sebaliknya, saat cedera sudah kronik, tanda2 peradangan seperti bengkak, warna merah, nyeri hebat sudah hilang, maka prinsip pemberian kompres hangat bisa dilakukan
  3. Kompres/penekanan pada bagian cedera, bisa dilakukan dengan perban/dibalut. Jangan terlalu erat, tujuannya untuk mengurangi pembengkakan.
  4. Jika ankle kaki yg terkilir, sering2 istirahat dengan kaki diangkat, dengan diganjal. Tujuannya untuk mengurangi pembengkakan.
Pemberian obat anti sakit dan anti radang bisa diberikan atas petunjuk dokter.




Comments

One response to “cara mengobati keseleo atau terkilir”
Post a Comment | Poskan Komentar (Atom)

terima kasih buat infonya.

Poskan Komentar

 
skate is beautifull. Citrus Pink Blogger Theme Design By LawnyDesignz Powered by Blogger Layout